BUKU PANDUAN CARA CEPAT BELAJAR MEMBACA ALQUR’AN METODE AL JADID (TERBARU)


Penulis:

Dr. Zainal A. Haris, S.Ag., M.Si
Prof. Dr. Hj. Yulnafatmawita, M.Sc
Rahmat Al Ghazali, SH., MH
Rahmatiannisa Zainur Hanifa
Silaturahmi, S.Pd
Reno Diqqi Alghazali, M.Psi
Reni Dianti Rukmini, S.Pd

Editor:
Dr. Zainal A. Haris, S.Ag., M.Si


Sinopsis

Menentukan kondisi tempat belajar. Dalam hal ini sebelum proses belajar dimulai maka guru harus tahu terlebih dahulu kondisi murid, tempat dan waktu, sudah bisa atau tidaknya belajar dimulai, misalnya : murid belum siap,tempat belajar masih berantakan, waktu tidak mendukung, maka tugas guru di sini harus bisa jeli mengantisipasi  sehingga proses belajar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam pemberian materi guru diharapkan sekaligus membimbing murid untuk melafazkan bunyi huruf sesuai dengan tempat keluar hurufnya.

Di dalam mempelajari tajwid praktis, dalam hal ini guru tidak dibenarkan memakai istilah-istilah tajwid dan guru cukup memakai bahasa yang sederhana yang mudah dipahami oleh murid, misalnya: Untuk tanda panjang pada bacaan guru tidak dibenarkan mengggunakan nama-nama mad cukup dengan bahasa dilamakan.

Untuk bacaan dengung, Al-Qalqalah serta waqaf guru harus mencobakan terlebih dahulu di hadapan murid sampai murid itu bisa mempraktekkan. Di sini guru tidak dibenarkan memakai istilah bacaan yang berdengung contoh ikhfa, idgham dan sebagainya.

Dan diharapkan kepada guru lebih mengutamakan praktek membaca dari pada memberikan istilah materi ilmu tajwid sebab untuk memakai istilah tersebut nanti dapat dipelajari dalam materi tajwid pendalaman.

 


 

0 Komentar